Pengalaman di Kampung Inggris Pare - Part 1 Perjalanan

Saya Niam, seorang pelajar dari kota pelajar, Yogyakarta. Saya akan berbagi cerita tentang pengalaman di kampung inggris pare hehe. Khususnya di lembaga kursus bahasa Inggris Masterpiece English Course. Saya akan mulai cerita ini dari tujuan pertama saya kenapa saya bisa belajar bahasa Inggris di Masterpiece pare.

Saya adalah lulusan dari UIN Jogja, dan saya tinggal lama di Jogja sejak tahun 2011, meskipun saya sering bolak-balik jogja ke rumah, di purworejo jawa tengah. Tahun 2015 kemarin, tepatnya tanggal 8 Agustus saya resmi lulus dari UIN jogja, dengan gelar sarjana saya merasa bangga, ya setidaknya sudah sedikit bisa membahagiakan orang tua karena bisa lulus kuliah tepat waktu dan dapet nilai cumlaude hehehe.

Pada awalnya saya tidak tahu mau ngapain setelah lulus, namun memang keinginan saya untuk melanjutkan kuliah lagi sangat tinggi. Yaa tetapi tak semua keinginan dapat berjalan lancar, kendala saya untuk melanjutkan kuliah lagi mungkin adalah pertimbangan biaya, meskipun bisa saja orang tua saya membiayai, tapi saya tak ingin terus merepotkan mereka, karena biaya kuliah s2 tidak murah.

Pada akhirnya saya memutuskan untuk mencari beasiswa. Namun untuk mendapatkan beasiswa memang tidaklah mudah, hampir semua pihak beasiswa mensyaratkan hasil tes TOEFL ataupun IELTS. Keadaan ini membuat saya pusing, karena saya selama ini belum pernah belajar TOEF apalagi IELTS dengan serius. Hingga pada suatu hari saya memutuskan untuk ikut kursus di salah satu lembaga kursus di jogja, kurang lebih 2 setengah bulanan dengan fokus pada belajar grammar dan toefl. Rencana saya setelah selesai ikut kursus saya akan ngambil tes TOEFL.

Setelah saya selesai kursus di jogja, saya tidak langsung ambil tes toefl karena nunggu punya duit buat daftar tes, untuk tes toefl yang resmi emang tidak murah, kurang lebih 2,8 jutaan untuk toefl Ibt.

Belum sempat ngambil tes toefl, suatu hari saya dapet info beasiswa turki yang persyaratannya menurut saya gak sulit, yaa pihak beasiswa cuma mensyaratkan nilai akademik sama bukti kontribusi yang telah diberikan kepada masyarakat, saya berpikir waktu itu bahwa saya yakin saya bisa dapet beasiswa itu, soalnya nilai akademik saya cukup bagus, saya juga punya kegiatan sosial di masyarakat. Pada awal bulan maret 2016 saya akhirnya berhasil apply di beasiswa turki secara online, dan harus nunggu kurang lebih 2 bulan untuk tes wawancara, kalau dokumen yang saya masukkan diterima. Yang menjadi kekhawatiran lagi yaitu tentang wawancara, karena wawancara katanya pake bahasa Inggris full.

Dalam waktu penantian itu saya berpikir gimana saya bisa cepat lancar bicara bahasa Inggris. Meskipun saya udah pernah ikut kursus bahasa Inggris, tapi fokusnya Cuma buat TOEF preparation, jadi soal ngomong inggris saya masih kesulitan.

Suatu hari saya tanya temen saya yang pernah kursus bahasa Inggris di kampung inggris pare, saya tanya dengan penasarannya tentang metode belajar di pare, karena hampir semua orang tau lah tentang kampung inggris pare. Temen saya ngasih tau katanya kalo mau daftar itu di tanggal 10 sama 25. Waktu itu bulan maret, kalo nggak salah tanggal 15 an, saya udah pengin banget bisa ngomong inggirs, soalnya ini kesempatan saya kalau saya diterima beasiswa saya bisa benar-benar membahagiakan orang tua saya.

Akhirnya pada waktu itu saya secara mendadak memutuskan untuk pergi ke kampung inggris pare, biar bisa ngomong inggris lancar, supaya bisa jawab soal-soal wawancara, kalao diterima beasiswanya hehe. Saya dikasih nomer seorang tutor di pare yang namanya Mr. Edi sama teman saya, dia ngasih nomer itu karena dia pernah kursus dan diajar sama Mr. Edi. Waktu itu saya langsung menghubungi Mr Edi dan nanya soal biaya dan program di lembaga yang namanya Masterpiece.

Tepat pada tanggal 24 maret, sekitar jam 2 siang saya sudah siap menuju terminal giwangan Yogyakarta, yang emang deket dari kos saya (sebenarnya pesantren saya hehe). Dan sekitar jam 3 sore saya berangkat naik bus sendiri dengan semangat tinggi biar bisa ngomong Inggris. Dengan keadaan sendiri perjalanan tetap menyenangkan karena perasaan penasaran dan keinginan untuk sampai di kampung inggris pare sebagai suasana baru lumayan tinggi. Perjalanan kurang lebih 7-8 jam dari Jogja-kediri, akhirnya saya sampai di terminal kediri sekitar jam 11 malam dengan situasi yang sepi. Seorang tukang ojek menghampiri saya dan menawari tumpangan ke pare, saya bilang saya mau naik bus aja, karena tukang ojek ngasih tawaran ojek yang biayanya 80 ribu (saya pikir mahal banget). Dan akhirnya karena sudah larut malam dan gak ada kendaraan lagi, saya terima tawaran dia namun harganya turun jadi 70 ribu, lumayan lah hehehe.

Kurang lebih satu jam perjalanan dari terminal kediri ke kampung Inggris pare akhirnya saya sampai di desa Tulung rejo, tepatnya di Jl. Pancawarna no.5, di sebuah kantor kecil bernama Masterpiece English Course yang ada tulisan yang kayaknya moto “we make people speak”, waktu itu saya berpikir “wah ini membuat saya semakin yakin kalo bakal bisa ngomong inggris”,apalagi ada tulisan “you are in the right place” hehe.

Kantor Masterpiece Kampung Inggris Pare

Pada waktu itu saya menghubungi no Mr. Edi dan nanya lewat mana saya harus masuk haha. Dan ternyata di sebelah kantor masterpiece yang saya kira rumah ternyata itu camp dari masterpiece, di depan rumah itu tertulis “Dani house”. Mr. Edi nyuruh saya ngetok pintu rumah itu, eh sebelum saya ketok sudah ada yang keluar, tiga cowok dengan badan yang terlihat gede soalnya mereka lagi mau keluar dengan bawa motor gede hehe, dan yang pada ternyata mereka bakal jadi teman akrab saya di pare. Dan akhirnya mereka mempersilahkan saya masuk ke camp untuk istirahat.
Dani House Kampung Inggris Pare 
lanjut ke pengalaman di kampung inggris part 2
Previous
This is the oldest page
1 Komentar untuk "Pengalaman di Kampung Inggris Pare - Part 1 Perjalanan"

pasti banyak kenangan disana ya, dan sulit untuk dilepaskan. udh kaya rumah sendiri, tp ada juga sii org yang gk merasa gitu di kampung pare, so kayanya kursusan ngaruh juga yaa. tp yg paling penting itu camp inggrisnya kan, klo kost sendiri biasanya kurang rasa kekeluargaannya

Terima Kasih Sudah Berkomentar